Struktur Sosial

Posted on

Struktur Sosial – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Diferensiasi Sosial Maka pada pertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id smapikan materi tentang Struktur Sosial – Pengertian, Ciri, Fungsi, Bentuk dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya bisa kita simak bersama ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Struktur Sosial

Struktur Sosial
Struktur Sosial

Apa yang dimaksud dengan struktur sosial ? yakni merupakan suatu susunan pada suatu kelangsungan kehidupan sosial yang di dalamnya masih berkaitan dengan status dan peran sosial yang dibatasi dengan unsur sosial sehingga kemudian dengan adanya keadaan ini membentuk sejumlah kelompok sosial di dalam masyarakat.

Kemudian pada umumnya strukur sosial sangat mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seperti dalam sebuah organisasi, lalu agama,kemudian keluarga, dan lain sebaginya.

Ciri-Ciri Struktur Sosial

Pada suatu struktur sosial dapat dianggap sebagai sebuah struktur sebab mempunyai sejumlah ciri-ciri yang dinilai komprehensif.

Di bawah ini terdapat beberapa ciri yang ada pada struktur. Simak berikut ini penjelasannya :

  • Yang pertama ialah ada pada sebuah kelompok masyarakat. Yang mana dapat dianggap sebagai suatu kelompok apabila dari setiap individu mempunyai status dan juga peran pada saat di dalam kelompok. Namun pada intinya setiap individu di dalam sistem sosial mempunyai suatu peran yang tentunya berbeda-beda. Maka dalam hal alangkah baiknya apabila masing-masing individu dapat menyesuaikan diri.
  • Yang kedua ialah berhubungan dengan kebudayaan masyarakat. Dalam hal ini timbulnya suatu yang mana hal tersebut tentunya melibatkan masyarakat, dimana kebudayaan pastinya mempunyai sebuah struktur tersendiri. Pada umumnya dinegara Indonesia pada setiap daerah tentunya mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda, namun adanya perbedaan tersebut justru bukan sebuah masalah yang besar sebab kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia tentunya mempunyai sebuah pedoman yang sudah diterapkan agar bisa diamalkan seperti yang terkandung di dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika ( Berbeda-beda tetapi tetap satu jua)
  • Yang ketiga ialah Aspek dinamis, dimana hal ini juga berasal dari kedudukan atau status. Apabila pada salah seorang individu dianggap telah lulus atau berhasil dalam melaksanakan apa yang menjadi kewajiban maka dengan secara otomatis orang tersebut dinilai telah sepenuhnya berhasil menyelesaikan apa yang menjadi peranannya. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa peranan ialah merupakan sebuah sikap atau prilaku yang diharapkan terhadap sesorang yang mempunyai sebuah status dan kedudukan.
  • Yang keempat ialah Bersifat abstrak, Dalam hal abstrak diartikan sebagai sesuatu yang tidak nampak dan juga tidak dapat diraba. Sebab sebuah struktur sosial ialah merupakan suatu hierarki kedudukan yang pada mulanya berasal dari tingkat yang rendah hingga bisa mencapai ke tingkat yang lebih tinggi. Adapun fungsi dari abstrak sendiri ialah supaya pada saluran kekuasaan dan juga pengaturan dalam memenuhi apa yang menjadi keperluan masyarakat tetap bisa sesuai pada porsinya dan merata.
Baca Juga :  Contoh Kajian Pustaka

Fungsi Struktur Sosial

Adapun fungsi yang sangat menonjol dari adanya struktur sosial dapat dibedakan menjadi beberapa macam yakni seperti yang ada di bawah ini:

  • Yang pertama ialah fungsi Kontrol : Yakni berfungsi agar dapat mengontrol setiap individu maupun masyarakat supaya tidak melakukan suatu pelanggaran terhadap sebuah nilai, norma, maupun peraturan yang sudah diberlakukan terdapap semua lapisan masyarakat. Maka terkadung suatu harapan dari adanya teori ini yakni supaya masyarakat bisa merasa jera yang nantinya tidak akan lagi mau melakukan suatu hal yang dapat melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat.
  • Yang kedua ialah Fungsi identitas, Yakni berfungsi sebagai suatu penegas terhadap adanya sebuah identitas yang ada dalam pada kelompok masyarakat. Sehingga dalam hal ini untuk mengetahui kelompok yang mempunyai latar belakang yang dianggap sama, dengan berdasarkan sosial, budaya, dan juga ras.
  • Yang ketiga ialah Fungsi pembelajaran, Dalam hal ini merupakan proses yang terakhir agar setiap individu bisa mengenal dengan cara mempelajari sebuah struktur sosial yang berlaku di tengah masyarakat lauas, dengan adanya kedisiplinan, lalu ketaatan, serta sebuah kebiasaan.

Nah supaya sobat contohsoal.co.id bisa lebih memahami mengenai penjelasan kita sebelumnya, maka berikut ini sudah contohsoal.co.id rangkum beberapa contoh yang bisa sobat pelajari , berikut ini ulasanya :

  • Yang pertama ialah Ascribed status, adapun contoh nya misalnya seperti sebuha kasta, dimana dalam hal ini sebuah kasta bisa diserahkan tanpa harus terlebih dahulu melihat dari karakteristik dari seseorang dan dengan secara otomatis bisa diperoleh sebab karena ada faktor keturunan.
  • Yang kedua ialah Achived status, contohnya saja seperti menjadi seorang dokter, lalu guru, dan hakim. Pada dasarnya sejumlah pekerjaan yang di dapat dari usaha pribadi.
  • Yang ketiga ialah Assigned status? yakni merupakan sesuatu yang diserahkan terhadap orang yang sudah sangat berjasa terhadap suatu masyarakat. Misalnya saja seperti pada seorang yang telah merail sebuah nobel, seperti pahlawan, pejuang bangsa, dan lain sebagainya.

Dengan adanya sebuah struktur sosial yang ada di dalam sebuah Negara memang dinilai cukup sangat penting adanya, sebab kita merupakan salah seorang bagian dari bangsa Indonesia pasti sebelumnya sudah pernah merasakan efek dari adanya struktur sosial ini.

Yang mana apabila semakin baik struktur sosial yang terdapat pada suatu kelompok, lalu daerah, maupun dalam Negara maka akan semakin baik juga tatanan yang ada didalamnya.

Bentuk Struktur Sosial

Pada semua unsur dari struktur sosial pasti akan tersusun suau sistem atau suatu pola yang menampakan terjadinya dinamika masyarakat.

Sehingga kemudian dari berbagai bentuk dari Struktur Sosial inilah yang kemudian menjadi topik pembahasan yang tidak dpat dipisahkan.

Di bawah ini terdapat beberap bentuk yang berdasarkan dengan pandangan dari para ahli, yakni berikut ulasannya;

Diferensiasi Sosial

Apa yang dimaksdu dengan Diferensiasi sosial?yakni merupakan sejumlah perbedaan dari suatu tindakan yang dilakukan slah seorang individu ataupun kelompok yang ada di dalam struktur sosial, yang mana pada perbedaan ini mencakup adanya sebuah perilaku yang bersifat horizontal maupun vartikal.

Baca Juga :  Contoh Greeting Card

Kemudian dalam proses berlangsungnya struktur sosial yang ada di dalam diferensiasi sosial ini mencakup sebuah tindakan yang dilaksanakan dengan secara formal dan juga informal.

Adapun Contoh yang bisa menjelaskan struktur sosial formal misalnya seperti suatu Lembaga Pendidikan, lalu Agama, kemudian Hukum.

Namun Sedangkan untuk contoh dari tindakan struktur sosial yang informal ialah seperti adanya suatu aturan yang masih berkaitan tentang adat, istiadat, lalu kebudayaan, dan lain sebaginya.

Stratifikasi Sosial

Kemudian salah satu bentuk lainnya ialah seperti Stratifikasi sosial yang mana merupakan suatu pembedaan pada sebuah masyarakat di dalam kelas-kelas sosial dengan secara bertingkat (hierarkis).

Sehingga menyebabkan, timbulnya kelas sosial tingkat atas, lalu menengah, dan juga tingkat bawah.

Adanya suatu perbedaan terhadap kelas sosial tersebut masih berhubungan dengan sesuatu yang dihormati dari masyarakat itu sendiri.

Adapun ukuran yang dipakai dalam sistem stratifikasi sosial diantaranya ialah seperti kekayaan, lalu kekuasaan, kemudian keturunan, dan kehormatan (prestise), serta jenjang pendidikan.

Kemudian adanya Teori tentang stratifikasi sosial mulai menjadi pokok dari setiap pembahasan dalam jenis struktur sossial contohnya seperti bahasan tentang teori Karl Mark dimana yang membedakan masyarakat ialah dapat dibedakan ke dalam 2 bentuk, yakni masyarakat yang terdapat ditingkat kelas borjuis dan masyarakat di dalam kelas prolenter (buruh)

Contoh Struktur Sosial Dalam Masyarakat

Adapun yang menggambarkan salah satu Contoh mengenai struktur sosial yang biasanya kerap berlangsung di dalam kehidupan sehari-hari misalnya seperti sebuah struktur sossial yang ada di dalam sebuah organisasi di kampung.

Dimana berlangsungnya kehidupan di daerah perkampungan pasti akan terdapat sebuah susunan struktur sosiial, yang diantarnya ialah seperti adanya Kepala Kampung, Bendahar, Sekteratiris, Kepala Urusan (Kaur),kemudian RW, dan juga RT.

Dimana dalam struktur pembutukan diatas yang terdapat pada sebuah daerah perkampungan, tentunya setiap bagian yang terkait mempunyai fungsi dan peranannya tersendiri dalam mengatur dan menjaga berlangsungnya kehidupan bermasyarakat.

Kemudian untuk fungsi yang paling utama dalam struktur sosiial ini ialah yang pertma ialah mengayomi, melayani serta memunuhi apa yang menjadi kebutuhan dari setiap para anggota masyarakatnya.

Apa yang Dimaksud Dengan Struktur Sosial ?

yakni merupakan suatu susunan pada suatu kelangsungan kehidupan sosial yang di dalamnya masih berkaitan dengan status dan peran sosial yang dibatasi dengan unsur sosial sehingga kemudian dengan adanya keadaan ini membentuk sejumlah kelompok sosial di dalam masyarakat.

Demkialah materi pembahasan kali ini mengenai struktur sosial, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :