Struktur Teks Eksposisi

Posted on

Struktur Teks Eksposisi – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Konjungsi Koordinatif. Maka pada kesempatan kali ini akan contohsoal.co.id sampaikan materi tentang struktur teks eksposisi secara lengkap mulai dari pengertian, ciri, tujuan dan contohnya. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini

Pengertian

Struktur Teks Eksposisi
Struktur Teks Eksposisi

Apa yang dimaksud dengan Teks Eksposisi ? yakni merupakan suatu tulisan dimana isinya terdapat fakta dan suatu informasi yang berbentuk sebuah pengembangan paragraf

Dalam hal ini bertujuan agar dapat menegaskan suatu kondisi tersebut, Dengan demikian membuat si pembaca memperoleh pengetahuan dari apa yang telah diuraikan oleh si penulis.

Dan pada tulisan yang dibuat penulis tersebut berbentuk tulisan yang mengandung sifat singkat, padat, dan jelas supaya si pembaca lebih mudah memahami tujuan dari si penulis.

Ciri – Ciri

Di bawah ini terdapat beberapa ciri dari teks eksposisi, yakni:

  • Pembuatan Teks ini dengan memakai bahasa yang baku.
  • Didalam pembahasannya dituliskan berdasarkan fakta namun bukan suatu opini ataupun karangan dari si penulis.
  • Gaya dalam penulisannya memakai gaya yang bersifat persuasi informatif.
  • Pada informasi dan data diterangkan dengan secara gamblang.
  • Mengandung tulisan yang bersifat objektif ataupun netral
  • Tidak dibuat – buat data dan faktanya karena berdasarkan data dan fakta yang memang benar nyatanya (valid).

Jenis – Jenis Teks Eksposisi

Di bawah terdapat beberapa jenis teks ekposisi, yakni:

  • Teks Eksposisi Definisi
    Didalan jenis teks ini hanya memuat suatu definisi yang secara mendalam dengan suatu topik yang akan dibahas.
  • Teks Eksposisi Pengerjaan
    Lalu didalamjenis teks ini juga berisikan sebuah petunjuk untuk memulai sebuah pekerjaan dengan secara sistematis dimulai dari fase yang pertama hingg fase selanjutnya.
  • Teks Eksposisi Gambaran
    Pada jenis ini didalamnya terdapat suatu berita dan sebuah pembahasan yang digambarkan dengan jelas.
  • Teks Eksposisi Laporan
    Didalam jenis teks ini terdapat sebuah laporan yang masih berkaitan dengan pembahasan tertentu.
  • Teks Eksposisi Perbandingan
    Selanjutnya didalam teksyng berjenis ini dimana ia terdapat sebuah pembahasan tertentu jika dibandingkan dengan lainnya. Pada dasarnya, dari kedua pembahasan tersebut masih mempunyai keterkaitan antara yang satu dengan lainnya.
  • Teks Eksposisi Pertentangan
    Selanjutnya pada teks ini dimana didalamnya berisikan topik yang ditentang oleh topik yang lain.
Baca Juga :  1 Kg Berapa Gram

Tujuan Teks Eksposisi

Adapun tujuan dari teks eksposisi ialah agar dapat menerangkan atau menjelaskan dengan sangat jelas beberapa informasi tertentu pada pembaca menjadikan pembaca akan memperoleh pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian dengan membaca teks eksposisi.

Struktur Teks Eksposisi

Simak strukturnya dibawah ini.

  • Tesis (Pernyataan Pendapat)
    Pada Tesis ini ialah merupakan suatu fase pertama pada teks eksposisi, yang didalamnya terdapat sebuah prasangka atau dugaan serta suatu prediksi.

    Dugaan atau prediksi ini akan diperkuat melalui berbagai data-data yang valid.
  • Argumentasi
    Pada umumnya bisanya didalamnya terdapat sebuah bentuk kalimat pendukung dari tesis yang telah dibuat sebelumnya.

    Kemudian dalam berargumentasi yang baik umumnya akan terdapat kedua hal ini, yakni dapat data yang mendukung dan sanggahan dari tesis yang dituliskan sebelumnya.
  • Penegasan Ulang
    Selanjutnya kemudian pada bagian merupakan suatu penguat terhadap pandangan atas sebuah fakta yng sudah dipaparkan didalam tesis sebelumnya. Lebih sderhananya, ialah suatu bagian simpulan dari topik yang telah dibahas pada tesis yang diajukan maupun dalam argumentasi yang telah dipaparkan.

Kaidah Bahasa Teks Eksposisi

Dalam teks eksposisi mempunyai ciri kebahasaan atau kaidahnya, antara lain:

  • Memakai pronomina, merupakan jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  • Memakai konjungsi, konjungsi bisa dipakai dalam teks eksposisi untuk menguatkan argumentasi
  • Memakai kata leksikal tertentu (kata yang mengarah pada kamus) yakni kata yang mengarah pada benda, baik abstak atau juga nyata. Dalam kalimat yang berkedudukan digunakan untuk subjek. Dilihat dari bentuk dan artinya terdapat yang berbentuk nomina dasar ataupun nomina turunan.

Contoh Teks Eksposisi

Simak dibawah ini:

Fakta Hukum Di Indonesia

Tesis:
Seharusnya hukum di Indonesia seperti yang sudah diatur pada Undang-Undang telah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku kejahatan.

Namun begitu, faktanya seringkali terjadi ketidakadilan hukum yang bisa merugikan banyak orang. Hukum dapat saja tegas tetapi menjadi mendadak tumpul pada saat berhadapan dengan koruptor, itulah yang terjadi saat ini.

Argumentasi:
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa koruptor di Indonesia menerima hukuman yang bisa disebut tingkatan ringan, bahkan ada koruptor yang memperoleh tunjangan fasilitas mewah padahal telah dianggap merugikan negara.

Baca Juga :  Anuitas

Kita tentu sering melihat di berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa sampai tewas. Tetapi ada hal yang tidak pernah kita dengar hingga sampai saat ini yakni seorang yang korupsi dipukuli warga hingga babak belur.

Penegasan Ulang
pada dasarnya hukum diIndonesia bisa dikatakan hanya tegas kepada rakyat kecil. Contoh adalah kasus yang pernah dialami nenek Asyani.

Kesusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, jika dibanding dengan hukuman yang diterima oleh koruptor.

Tujuan Teks Ekposisi adalah?

Yakni agardapat menerangkan atau menjelaskan dengan sangat jelas beberapa informasi tertentu pada pembaca menjadikan pembaca akan memperoleh pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian dengan membaca teks eksposisi

Apa itu Teks Eksposisi?

Teks Eksposisi? yakni merupakan suatu tulisan dimana isinya terdapat fakta dan suatu informasi yang berbentuk sebuah pengembangan paragraf

Sebutkan Salah satu ciri Teks eksposisi?

Gaya dalam penulisannya memakai gaya yang bersifat persuasi informatif.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai struktur teks eksposisi, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :