Struktur Virus

Posted on

Struktur Virus – Setelah sebelunya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Membran Sel. Maka dipertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id paparkan materi tentang struktur virus secara detail mulai dari pengertian, klasifikasi, ciri dan contoh. Nah untuk lebih lengkapnya sobat bisa simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Virus

Istilah latinnya virus pada mulanya berasal dari kata virulae yang maknanya menular, kemudian dari kata venom yang artinya cairan yang beracun. 

Maka dapat disimpulkan bahwa Virus ialah merupakan suatu yang berbentuk partikel ultra mikroskopis yang kelangsungan hidupnya hanya terjadi di dalam sel dan setiap perkembangan hanya dapat dilihat dengan memakai suatu alat mikroskop elektron.

Kemudian jenis Virus juga ialah merupakan suatu substansi aseluler atau dikenal juga dengan sebutan (tubuh tidak berupa sel), sebab dari padanya hanya mempunyai kapsid yakni (selubung pelindung) dan juga terkandung di dalamnya asam nukleat namun tidak mempunyai inti sel, yakni suatu sitoplasma dan juga membran sel.

Kemudian untuk Ukuran virus ini mempunyai bentuk yang sangat kecil sehingga banyak yang menyebutnya sejenis mikroba atau mikroorganisme.

Ciri Ciri Virus

Agar sobat contohsoal co.id semua dapat memahami lebih jauh lagi mengenai virus ini, maka berikut ini contohsoal.co.id jelaskan mengenai ciri-ciri yang dimiliki oleh virus. Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Pada Virus hanya mempunyai satu jenis asam nukleat yang dilindungi oleh kapsid atau protein.Dan istilah lainnya dari Asam nukleat ini ialah DNA atau RNA.
  • Pada virus ini mempunyai bentuk yang sangat kecil. dengan berukuran 25 – 300 nm.
  • Kemudian pada bagian tubuhnya dari tidak berbentuk sel. Maka oleh sebab itu virus ini tidak mempunyai inti sel,yakni jenis membran plasma, dan juga sitoplasma.
  • Kemudian dalam perkembangannya dapat terjad pada suatu sel yang hidup atau kerap dikenal dengan sebutan parasit intraseluler obligat.
  • Dan pada Virus kerap disebut dengan salah satu jeis metaorganisme.
  • Dan biasanya pada Virus ini membentuk seperti sperti melingkar/bulat, dan juga berbentuk batang, bentuk T, serta silindris.

Struktur Tubuh Virus

Secara umumnya dalam penysunan struktur tubuh yang ada pada virus yakni tersusun atas asam nukleat dan kapsid. namun selain itu, pada virus juga mempunyai struktur tambahan lainnya.

Kemudian dalam penyusunan Asam nukleat ini tersusun atas DNA/RNA/deoxyribo nucleid acid atau rbisa juga disebut bonucleid acid.

Untuk penjelasan secara spesifik mengenai struktur tubuh yang dimiliki oleh virus sobat bisa simak seperti berikut ini.

Baca Juga :  Sistem Endokrin

Apa yang dimaskud dengan Kapsid? yakni merupakan salah satu bagian yang terindikasi dari struktur tubuh virus yang juga merupkan sebuah lapisan yang membungkus DNA atau RNA pada virus. Dan biasanya Kapsid ini bisa ditemukan terdapat dibagian kepala virus.

Apa yang dimaksud dengan Kapsomer?. yakni merupakan salah satu bagian yang juga terindikasi pada struktur tubuh virus yang di dalamnnya terkandung sedikit protein dan bisa saling menyatu guna membentuk kapsid.

Apa yang dimaksud dengan Sel pembungkus. yakni merupakan suatu bagian yang ada pada struktur tubuh virus yang mana ia merupakan sebuah lapisa DNA atau RNA.

Kemudian di dalam sel pembungkus ini terkandung suatu lipoprotein atau lipid dan protein yang mana merupakan suatu membran plasma dan di dapat dari sel inang virus.

Apa itu Selubung dan serabut ekor.ialah merupakan suatu bagian yang terdapat pada struktur tubuh virus yang kerap dipakai oleh virus guna menempelkan tubuhnya serta menyatukannya ke sel inang.

Klasifikasi Virus

Di bawah ini merupakan suatu Klasifikasi untuk jenis – jenis virus dengan berdasarkan oleh hal – hal tertentu, berikut penjelasannya.

Berdasarkan Pada Organisme yang Diserang

Dalam hal ini Virus dapat dikatagorikan menjadi tiga, yakni.

  • Apa itu bakteriofage : yakni merupakan sebuah virus yang biasanya kerap menyerang pada sel bakteri. Contoh Tipe bakteriofage ialah virus T6, T4, dan T2.
  • Apa itu Virus hewan : yakni merupakan salah satu jenis virus yang biasanya kerap menyerang pada sel hewan. Sifat dari Virus ini, menyerupai Rhabdovirus yang mana ia bisa mengakibatkan suatu gejala rabies pada kera dan anjing, Kemudian pada virus RSV atau disebut Rous Sarcoma Virus yang bisa mengakibatkan suatu gejala kanker pada ayam, dan juga Polloma yang bisa berakibat penyakit tumor.
  • Apa itu virus tumbuhan? yakni merupakan suatu virus yang biasanya kerap menyerang terhadap sel tumbuhan. Diana virus ini sama halnya dengan virus tungro sebab pada virus ini bisa mengakibatkan suatu gejala atau penyakit yang terjadi pada tanaman padi.

Berdasarkan Susunan Asam Nukleat

Denga berdasarkan dari kelompok virus tersebut bisa dibedakan yakni sebagai berikut.

  • Yang pertama yakni virus dengan DNA pita tunggal atau dikenal juga dengan sebutan ssDNA, misalnya seperti Parvovirus yang mana biasanya ia harus lebih dulu melakukan sebuah infeksi dengan dibantu oleh Adenovirus agar dapat tumbuh.
  • Yang Kedua yakni merupakan virus DNA dengan pita ganda atau dikenal juga dengan sebutan dsDNA, misalnya seperti virus Adenovirus yang biasanya sering menyerang terhadap alat saluran pernapasan.
  • Kemudian yang Ketiga yakni merupakan suatu virus RNA dengan pita tunggal/ssRNA yang positif, pada umumnya virus ini sangat berperan dalam mRNA yang mana ia akan menyampaikan suatu pesan/ kode gen RNA. Misalnya seperti Picorna yakni sebuah virus yang biasanya kerap mengakibatkan gejala penyakit polio.
  • Dan selanjutnya yang Keempat yakni RNA pita tunggal /ssRNA yang negatif, yang manavirus ini merupakan kembaran mRNA. Misalnya seperti virus Rhabdovirus, yakni sebuah virus yang bisa mengakibatkan sebuah penyakit rabies.
Baca Juga :  Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)

Kemudian untuk selinan cetakan dari RNA pita ganda /dsRNA, yakni Reovirus yang mana biasanya virus ini dapat mengakibatkan sebuah penyakit diare.

Kemudian apabila kita perhatikan dalam penyebutannya terdapat huruf ss diantaranya yakni merupakan suatu kepanjangan dari kata single stranded atau dikenal juga dengan sebutan rantai tunggal. Kemudian untuk kata, ds merupakan sebuah kepanjangan dari istilah double stranded atau rantai ganda.

Contoh Virus dan penyakit yang Ditimbulkannya

  • Yang pertama Virus HIV yakni sebuah virus yang dapat mengakibatkan gejala atau penyakit AIDS yang kerap menyerang hewan maupun manusia.
  • Yang kedua Virus infuenza Yakni sebuah virus yang bisa mengakibatkan suatu gejala atau penyakit flu pada manusia dan hewan
  • Yang ketiga Adenovirus, yakni merupakan sebuah virus yang terdapat pada hewan anjing rabies)
  • Kemudian yang keempat ialah Virus herpes simplex yakni sebuah virus yang dapat mengakibatkan suatu gejala atau penyakit cacar /herpes pada manusia
  • Selanjutnya yang kelima Virus hepatitis Yakni sebuah virus yang dapat mengakibatkan suatu penyakit hepatitis pada manusia
Apa yang dimaskud dengan Kapsid?

yakni merupakan salah satu bagian yang terindikasi dari struktur tubuh virus yang juga merupkan sebuah lapisan yang membungkus DNA atau RNA pada virus. Dan biasanya Kapsid ini bisa ditemukan terdapat dibagian kepala virus.

Apa yang dimaksud dengan Kapsomer?.

yakni merupakan salah satu bagian yang juga terindikasi pada struktur tubuh virus yang di dalamnnya terkandung suatu protein dan bisa saling menyatu guna membentuk kapsid.

Apa itu virus ?

Yakni merupakan suatu yang berbentuk partikel ultra mikroskopis yang kelangsungan hidupnya hanya terjadi di dalam sel dan setiap perkembangan hanya dapat dilihat dengan memakai suatu alat mikroskop elektron.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai struktur virus, semoga serangkaian materi kali ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga Artikel Lainnya :