Tata Surya

Posted on

Tata Surya – Materi kali ini akan membahas mengenai tata surya lengkap beserta susunan, pengelompokan planet, Lapisan, bintang, satelit, komet dan macam planet, tapi pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai Bintang. Baiklah untuk melengkapi materi kali simak berikut ini penjelasannya.

Pengertian Tata Surya

tata surya
tata surya

Tata surya (solar system)ialah merupakan suatu kumpulan banda langit (planet beserta benda langit lainnya) yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua obyek yang terikat gravitasinya.

Pada tata surya tersusun beberapa bagian yakni matahari, 4 planet luar, 4 planet dalam, sabuk asteroid (main asteroid belt), dan dibagian terluar terdapat sabuk Kuiper. Hanya enam dari delapan planet itu yang memiliki satelit alami sedangkan 2 lainnya yaitu Venus dan Merkurius tidak mempunyai satelit alami.

tata surya
tata surya

Susunan dan Anggota Tata Surya

tata surya
tata surya

Jika diamati dari ruang angkasa, maka bumi terlihat seperti sebuah bola kecil yang bergerak mengelilingi sebuah bintang yaitu matahari. Bukan hanya bumi, namun ada juga planet lain yang berputar mengelilingi matahari. Tidak hanya planet saja yang memutari matahari, tetapi ada juga benda-banda langit lainnya yang melakukan hal yang sama. Dalam hal ini dapat disebut objek langit berikut merupakan satelit alami ialah, asteroid, meteor, dan komet.

Semua benda-benda astronomi tersebut tersusun menjadi satu kesatuan dan membuat sebuah sistem yang sangat teratur. Dengan begitutiap-tiap planet tidak mengalami tabrakan. Sebuah sistem sempurna yang disebut sebagai tata surya. Dibawah ini penejlasan mengenai tata surya,

Bintang Di Tata Surya

tata surya
tata surya

Bintang ialah yang merupakan salah satu anggota tata surya yang mempunyai karakter istimewa karena bisa memancarkan cahaya sendiri. Dari yang sudah dibahas bahwa didalam sistem tata surya ada begitu banyak bintang yang mungkin tidak bisa dihitung jumlahnya.

Pengelompokan Planet-planet

Dari hasil penelitian para ilmuwan dan kemudian membaginya menjadi 8 planet dan kemudian dikelompokan dengan berdasarkan berbagai faktor yang dimiliki oleh setiap planet. Berikut 3 planet yang telah disusun oleh para ahli astronomi.

  • Dengan berdasarkan posisi planetmaka pengelompokan yang dilihat dari orbit bumi dapat dibagi menjadi planet inferior dan planet luar superior. Inferior ialaha suatu planet yang terletak di dalam orbit bumi, yaitu Merkurius dan Venus. Sedangkan, superior ialah suatu planet yang berada di luar orbit bumi, yaitu planet Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  • Dari kedua hasil pengelompokan tersebutdengan berdasarkan material penyusunnya dan kemudian dibagi lagi menjadi 2, yaitu planet terrestial dan planet jovian. Planet terrestial adalah planet dengan ukuran yang relatif kecil, berbatu, dan memiliki atmosfer yang tipis. Sedangkan yang merupakan planet tergabung ialah seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Lalu , sisanya  dogolongkan dalam planet jovian. yang merupakan sebuah planet yang permukaannya tersusun dari gas, cairan, es tebal, dan ukurannya relatif besar.
  • Maka dari ketiga pengelompokan tersebut dengan berdasarkan letaknya dan bisa dilihat dari orbit asteroid. Yang dimaksud Planet dalam ialah merupakan suatu planet yang letaknya berada didalam pada orbit asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Sedangkan sisanya termasuk planet luar.

Satelit di Tata Surya

Dari jenis satelit yang ada di tata surya dterdiri 2 jenis  dengan berdasarkan dari keberadaannya yakni satelit alami dan satelit buatan. berikut penjelasannya.

Satelit Alami

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa mengenai, satelit alami merupakan benda langit yang bergerak mengelilingi sebuah planet. Dari seluruh planet hampir semuanya mempunyai satelit alami. Namun cuma Merkurius dan venus sajalah planet yang tidak mempunyai satelit alami. Dibawah ini merupakan nama setiap sateli alami :

Baca Juga :  Contoh Pelanggaran Ham
No.PlanetNama SatelitTotal Satelit
1.Merkurius
2.Venus
3.BumiBulan1
4.MarsPhobos dan Demos2
5.YupiterMetis, Andrastea, Almathea, Thebe, Io, Europa, Ganymede, Calistio, Leda, Himalia, Lysithea, Elara, Aananke, Carme, Pasiphea, Sinope, dan 3 lagi belum ada namanya.16
6.SaturnusAtlas, 1980 S27, 1980 S26, Euphemetheus, Janus, Mimas, Coorbital, Encelandus, Tethys, Telesto, Calypso, Dione, Dione coorbital, 1980 S5, 1980 S6, Rhea, Titan, Hyperion, Lapetus, Phoebe.21
7.UranusAriel, Umbriel, Titania, Oberon, Miranda, Puck, Cordelia, Ophelia, Bianca, Cresida, Desemona, Juliet, Portia, Rosalin, Belinda.15
8.NeptunusTriton, Nereid, Naiad, Thalasa, Despina, Galatea, Larissa, Proteus.8

Satelit Buatan

Sesuai dengan namanya maka jenis sateli ini merupakan buatan  manusia dengan semua sistem gerakannya telah diatur oleh manusia.

  • Satelit komunikasi digunakan untuk stasiun pemancar yang terdapat pada ruang angkasa. misalnya, Echostar 3 yang beroperasi di Amerika dan satelit Palapa yang ada di Indonesia.
  • Adapun fungsi Satelit cuaca ialah agar dapat memonitor cuaca pada permukaan bumi. Sebagai contoh adalah satelit TIROS yang dioperasikan oleh NOAA.
  • Lalu kemudian Satelit pencitraan Sumber Daya Alam yang iang berguna untuk memetakan permukaan bumi. Sebagai contoh adalah LANDSAT dan Vanguard milik Amerika.
  • Lalu kemudia Satelit global positioning System (GPS) mempunyai kegunaan agar dapat menentukan posisi garis bujur, garis lintang, dan ketinggian suatu tempat di permukaan bumi secara akurat.
  • Yang merupakan satelit berada pada orbit yang sesuai dengan objek penelitiannya ialah  . misalnya satelit SOHO tujuaan diluncurkannya yakni untuk meneliti matahari.

Asteroid di Tata Surya

Asteroid adalah benda astronomi yang berbentuk pecahan kecil dan beredar pada lintasan yang terletak di antara orbit planet Mars dan Yupiter. Pada Asteroid adapun proses pembentukannya dapat terjadi secara bersamaan dengan  terbentuknya planet yang sesuai dengan susunannya.

Komet (Bintang Berekor)

Komet adalah benda langit yang berukuran kecil. Adapun dalam material penyusun komet yang terdiri dari sejumlah partikel bebatuan, kristal, es, dan gas. Komet sendiri mempunyai rupa seperti benda  yang bercahaya dan berbentuk memanjang menyerupai ekor. Olah karena itu orang-orang sering menyebutnya sebagai bintang berekor.

Meteor atau Meteorid

Meteor adalah benda langit yang bergerak cepat dan memiliki lintasan yang tidak teratur.Mungkin sebbagian manusia pernah melihat atau mendengar istilah bintang jatuh,Hal tersebut merupakan sebuah meteor yang bisa dilihat oleh manusia. Peristiwa sebenarnya  ialah suatu meteor yang bergerak bebas di tata surya tertarik oleh gaya gravitasi Bumi.

Matahari Sebagai Pusat Tata Suryatata surya

tata surya

Dari sekian banyak benda langi Matahari juga masih merupakan bintang dengan mempunyai massa yang sangat berat hingga (300.000 kali lebih berat dari massa bumi) dan mempunyai jaraknya yang sangat dekat dengan bumi. Namun Matahari juga bukanlah merupakan suatu bintang yang paling besar apabila dibandingkan dengan 100 miliar lebih bintang lainnya yang ada di galaksi bimasakti.

Nama UnsurNama BahanMassa dalam Matahari (%)
HidrogenH76,94
HeliumHe21,80
OksigenO0,80
KarbonC0,40
NeonNe2,00
BesiFe0,10
NitrogenN0,10
SilikonSi0,10
MagnesiumMg0,08
SulfurS0,05
NikelNi0,01

Lapisan-lapisan Matahari

Matahari merupakan benda lanngit yang benetuknya seperti bola api raksasa yang suhunya sangat panas sekali. Apabila disaksikan dari bumi, Maka akan terlihat permukaan matahari yang begitu halus dan rata. Padahal faktanya tidaklah demikian. Pada permukaanya terjadi lompatan-lompatan lidah api setiap waktu. Pada Matahari terdapat beberapa penyusanan dan mempunyai sebuah ciri yang berbeda-beda.

Atmosfer Matahari

PAda atmosfer matahari dapat menjadi dua susunan dari lapisan, yakni lapisan kromosfer dan korona.

simak berikut ini:

  • yang pertama Kromosfer ialah merupakan suatu lapisan yang dekat dengan permukaan matahari dan mempunyai kerapatan yang rendah.Untuk melihat Kromosfer dapat kita saksiakan ketika terjadi gerhana matahari, yang mana sebuah cincin atau mantel merah yang menutupi bola matahari. Maka dangan warna merah tersebut, para ilmuwan dapat memperkirakan suhunya mencapai 4.500 ºC.
  • Kemudian Korona ialah masih merupakan suatu lapisan kulit terluar pada matahari, yang artinya sebuah mahkota. Pada suhu korona dapat diperkirakan mencapai 1.000.000 ºC. Dengan ketebalan pada laipsan korona tersebut hingga mencapai 2.000 km.
Baca Juga :  Contoh Kop Surat

Fotosfer Matahari

Fotosfer atau permukaan matahari tersusun atas gas dengan suhu dan kerapatan yang sangat tinggi.Pada Lapisan ini merupakan suatu  yang tidak tembus pandang karena partikel gas penyusunnya sangat tebal dan padat. Pada Fotosfer sering mempunyai kegunaan sebagai selimut agar matahari tidak terlalu banyak mengeluarkan energi. Suhu di Fotosfer berkisar antara 5.000-6.000 ºC.

Inti Matahari

Adapun ukuran yang terdapat pada matahari ialah 1/64 kali dari volume total matahari. penyusunan pada bagian dari sebuah partikel gas yang sangat padat dengan densitas sekitar 150 kali lebih padat daripada densitas air. Akibatnya, suhu dan tekanannya menjadi sangat tinggi sehingga memungkinkan terjadinya reaksi fusi hidrogen.

Cahaya Matahari

Dari Biasan Cahaya matahari dapat diartikan bahwa ia merupakan suatu gelombang elektromagnetik yang diradiasikan oleh matahari. Terdapat berbagai macam spektrum cahaya atau panjang gelombang cahaya yang dipancarkan oleh matahari. Lalu kemudia terjadi penyusunan pada spektrum sinar gamma atau dapat disebut juga sinar-X, sinar ultraviolet, sinar tampak, sinar infrared, gelombang TV, dan gelombang radio.

Urutan Planet-Planet Terdekat Dengan Matahari

tata surya
tata surya

Di bawah ini merupakan urutan planet dari yang paling dekat dengan matahari, sebagai berikut :

Merkurius

Merupakan planet redekat dengan Matahari.  Bintang Senja dan Bintang Pagi merupakan sebutan untuk planet ini. Planet ini tidak mempunyai Planet Alami satu pun.

Venus

Venus membutuhkan waktu sekitar 224,7 hari di Bumi. Namu ada suatu hal yanh harus dipahami , bahwa Venus tidak memiliki satelit alami, seperti bumi dan planet lainnya.

Bumi

Jarak Bumi dari Matahari berjarak 150 juta km, dengan Kala Rotasi Bumi adalah 365,25 hari dan Kala Rotasi Bumi 24 Jam.

Mars

Terdapat jarak yang begitu jauh pada Planet Mars dengan Matahari yakni 247,1 Juta km dengan mempunyai Kala Rotasi Mars selama 25,62 Jam dan Kala Revolusinya selama 687 Hari.

Yupiter

Jarak Planet Yupiter dari Matahari adalah 778 Juta km, dengan Kala Rotasi Yupiter selama 9jm 55 menut dan Kala Revolusinya selama 11,9 Tahun.

Saturnus

Kemudian Jarak antara saturnus dari Matahari ialah hingga mencapai 1.426 juta km, dengan mempunyai Kala revolusi Planet Saturnus selama 29,5 tahun dan kala rotasi 10,7 jam

Uranus

Lalu selanjutnya ialah planet uranus yang merupakan mempunya ukuran terbesar ketiga pada sistem tata surya dan merupakan planet terberat keempat. Namu uranus mempunyai Atmosfer yang sama dengan Saturnus dan Jupiter, yaitu sama-sama mengandung hidrogen dan helium.

Neptunus

Neptunus merupakan planet yang terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari Matahari.Jarak Neptunus dari Matahari adalah 2.869 km, dengan Kala revolusi 165 tahun dan rotasi selama 6 jam.

Untuk memperjelas lagi mengenai jarak dan sekalanya masing-masing planet simak tabel berikut ini:

No.PlanetPeriode RevolusiPeriode Rotasi
1.Merkurius88 hari59 hari
2.Venus225 hari243 hari
3.Bumi365 hari24 jam
4.Mars687 hari24,6 jam
5.Yupiter11,86 tahun10 jam
6.Saturnus29,5 tahun10,7 jam
7.Uranus84 tahun17 jam
8.Neptunus165 tahun16 jam

 

Demikianlah materi tata surya beserta pengertian, sistem, gambar, urutan, anggota dan ciri-ciri planet kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: