Tegangan Tali

Posted on

Tegangan Tali – Halo sobat semua.! dipertemuan kali ini ContohSoal.co.id akan menerangkan materi tentang tegangan tali lengkap beserta pengertian, rumus dan contoh soalnya. Namun pada pembahasan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah menerangkan materi tentang Persamaan Diferensial Nah baiklah untuk mempersikat mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian

Tegangan Tali

Tegangan tali ialah merupakan salah satu gaya yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada tegangan ini ialah merupakan sebuah gaya dan termasuk bagian dari hukum Newton dalam ilmu fisika.

Munculnya teganganyakni pada saat benda itu ditarik, digantung, diayunkan atau ditahan. Hal ini dapat berpengaruh pada kecepatan atau bahkan bentuk dari benda tersebut.

Inilah yang menjadi salah satu elemen utama dalam pekerjaan konstruksi seperti yang dilakukan para arsitek dan insinyur.

Untuk dapat menghitung tegangan ini yakni hanya dapat dengan menggunakan sebuah rumus yang sesuai keadaan bidang, gaya yang diberikan pada benda dan beberapa hal lainnya.Hal ini sangat berhubungan dengan hukum Newton kedua (F= m x a).

Rumus Tegangan Tali

Berikut ini terdapat sebuah, rumus utama dalam menghitung tegangann talii,yakni:

RumusT=m xg+m x a

Keterangan:

  • T= tegangan
  • M= massa benda
  • g= percepatan gravitasi yaitu 9.8 m/s2
  • a= percepatan dalam m/s2

Contoh Gaya Tegangan Tali Dalam Kehidupan Sehari-Hari:

  • Jemuran Baju

Ibu rumah tangga tentunya pasti mengenal kegunaan jemuran pakaian dalam kegiatan sehari-hari dan masih banyak jemuran yang menggunakan talii yang diikatkan pada kayu, tembok atau pohon.

  • Air sumur

agar dapat mengambil air yang terdapat didalam sumuryakni dengan cara menarik ember menggunakan tali yang dililitkan ke katrol dan hal ini menjadi penerapan hukum newton pada katrol dalam kehidupan sehari-hari.

  • Tarik Tambang

ialah merupakan sebuah kegiatan olahraga atau permainan yang selalu rutin diselenggarakan pada acara Hut RI dan kegiatan ini dilakukan oleh siapa saja, namun disesuaikan dengan usia.

  • Derek mobil

Mobil seringkali mogok di dalam perjalanan dan hal ini bisa terjadi akibat adanya perubahan wujud zat yang terjadi pada kendaraan.

  • Orang-Orangan Sawah

ialah merupakan salah satu mainan buatan yang digunakan untuk mengusir hama burung di sawah dan juga sering disebut sebagai bebegig sawah.

Baca Juga :  Contoh Soal Matematika Kelas 6 SD

Contoh Soal Gaya Tegangan Tali

Pada sebuah balok ada M1 dan M2 yang terhubung pada suatu bidang yang memiliki permukaan datar. Kemudian pada balok M2 dihubungkan dengan M3 yang telah tergantung disebuah katrol. Apabila M1=M2=20kg (abaikanlah massa dari katrol) dan G=8,6 m/s2.A. Berapa nilai dari T1 yang merupakan penghubung dari M1-M2

Diketahui:

M1 = M2 = 20 kg
M3 = 10 kg
G = 8,6 m/s2
m3 menggantung

M3.G = (M1+M2+M3).T1
10.8,6 = 10+20+20).T1
86 + 50T1
T1 = 86 : 50 = 1,72 m/s2

Jadi nilai T1 sebagai penghubung dari M1-M2 ialah 1,72 m/s2.

Contoh Soal.2

Pada sebuah balok 1 diketahu mempunyai massa 5 kg yang kemudian diletakkan pada sebuah bidang mendatar yang licin. Balok 2 bermassa 3 kg digantungkan pada tali yang disangkutkan pada katrol dan ujung tali yang diikatkan pada balok 1. Hitunglah percepatan gerak kedua balok dan tegangan talinya!

Perhatikan skema pada gambar terlampir.

Diketahui
m₁ = 5 kg
m₂ = 3 kg
g = 10 m/s²

Ditanya
(a) percepatan a
(b) tegangan tali T

Jawab,

Hukum II Newton untuk sistim kedua benda yang terhubung langsung oleh tali

(a) ∑ F = ∑m x a
⇔ w₂ – T + T – T + T = [m₁ + m₂].a
⇔ m₂.g = [m₁ + m₂].a
⇔ 30 = [5 + 3].a
⇔ a = 30/8
Diperoleh percepatan sistim sebesar 3,75 m/s²

Selanjutnya, pada benda m₂ yang menggantung bekerja gaya berat w₂ berarah ke bawah dan tegangan tali T berarah ke atas.

(b) Mencari tegangan tali berdasarkan sistim m₂
Hukum II Newton pada benda m₂
⇔ w₂ – T = m₂.a
⇔ T =  m₂.[g – a]
⇔ T = 3.(10 – 3,75)
Diperoleh tegangan tali T=18,75N

Atau mencari tegangan tali berdasarkan sistim m₁. Pada benda m₁ hanya terdapat gaya tegangan tali berarah ke kanan.
Hukum II Newton pada benda m₁.
⇔ T = m₁.a
⇔ T = 5 x 3,75
Hasil Yang didapat, yakni T = 18,75 N

Pada sebuah balok yang telah terhubung oleh sebuah tali dan melewati katrol tanpa bercabang, sehingga tegangan di sepanjang tali tersebut sama besar. oleh sebab langsung terhubung dengan katrol.

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang tegangan tali, semoga materi kali ini menjadi serangkaian materi yang menginspirasi sobat semua.

Baca Juga :  Bunyi dan Teori Hukum Hooke

Artikel Lainnya :