Teks Cerita Sejarah

Posted on

Teks Cerita Sejarah – Pada pertemuan sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Contoh Karangan Narasi Maka diperjumpaan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi tentang teks cerita sejarah beserta pengertian, struktur, ciri dan contoh. Nahn untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Teks Sejarah

Teks Cerita Sejarah
Teks Cerita Sejarah

Apa yang dimaksud dengan Teks cerita sejarah? yakni merupakan sebuah teks yang menerangkan mengenai sebuah fakta dari suatu peristiwa yang pernah terjadi dimasa lalu dan menjadi latar belakang adanya nilai sejarah di dalamnya.

Ciri – Ciri Teks Sejarah

Di bawah ini terdapat beberapa ciri-ciri yang yang terdapat di dalam teks sejarah, berikut penjelasannya:

  • Dimuat dengan secara kronologis atau sesuai dengan rangkaian peristiwa yang terjadi.
  • Terdapat rekaman dari suatu peristiwa (recount)
  • Mempunyai Struktur : orientasi- urutan- reorientasi.
  • Kerap menerapkan konjungsi temporal.
  • Di dalamnya berisikan sebuah fakta.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Biasanya di dalam penyusunan struktur teks cerita sejarah terdapat tiga poin yang harus sobat pahami, berikut ini penjelasannya :

  • Apa yang diamksud dengan Orientasi. yakni merupakan suatu bagian dalam mengenali pembukaan dari sebuah teks cerita sejarah. Dan biasanya pada bagian ini merupakan sebuah bagian yang sangat penting , hal ini disebabkan oleh orientasi ialah merupakan sebuah titik atau pondasi awal dari sebuah cerita peristiwa secara runtut. Maka apabila terdapat ketidakjelasan pada bagian ini maka pada bagian yang selanjutnyapun akan sangat sulit untuk dipahami.
  • Apa itu Urutan Peristiwa. Biasanya di dalam sebuah teks cerita sejarah pasti terdapat sebuah rekaman peristiwa yang sudah pernah berlangsung, yang sudah dirapihkan atau dikemas dengan melalui sebuah rangkaian kejadian dengan secara kronologis.
  • Apa yang dimaksud dengan Reorientasi. Kemudian pada bagian ini biasanya di dalamnya berisikan sebuah komentar pribadi penulis, Dalam penulisan tersebut menceritakan serangkaian peristiwa yang masih menajdi terending topik atau sedang diceritakan.
Baca Juga :  Cerita Fantasi

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Agardapat mengetahui mengenai perbedaan teks cerita sejarah dengan bentuk dari lainnya maka sobat bisa simak ulasannya sebagai berikut.

Pronomina (kata ganti)

Apa itu Pronomina? yakni merupakan sebuah kata yang yang kerapa digunakan sebagai pengganti kata benda dan juga penyebutan sebuah gelar seseorang.

Frasa Adverbial

Apa yang dimaksud dengan Frasa Adverbial? yakni merupakan sebuah kata yang menerangkan suatu peristiwa, mengenai waktu, dan juga tempat.

Verba Material

Apa yang dimaksud dengan Verba Material? yakni merupakan sebuah kata yang berguna untuk menjelaskan mengenai sebuah aktivitas yang dkerjakan oleh partisipan. Dalam hal ini kerap menerangkan suatu tindakan secara fisik mengenai suatu peristiwa, misalnya seperti menulis, mengepel, menyapu.

Konjungsi Temporal

Apa yang dimaksud dengan Konjungsi temporal atau kata sambung? yakni merupakan sebuah waktu berguna untuk menyusun dari berbagai urutan kejadian yang dapat diceritakan.

Contoh Teks Cerita Sejarah

Untuk lebih memahami teks sejarah tersebut, disini telah dijabarkan contoh lengkap beserta dengan analisanya :

SEJARAH INSTAGRAM

Orientasi

Membahasa mengenai sejarah Instagram ? yakni merupakan sebuah aplikasi yang berkembang pada saat ini menjadi sarana penghubung sosial kemudian di dalamnya juga menerapkan filter digital, yang nantinya dapat dibagikan ke berbagai fasilitas jejaring sosial , misalnya seperti Instagram.

Dimana istilah insta yang berarti “instan”, sama halnya seperti kamera polaroid yang dihulu dimasanya kerap disebut“foto instan”.

Kemudian istilah kata “gram” yang berawal dari kata “telegram” yang mana kemampuannya atau prinsip dasarnya guna mengantarkan berbagai informasi terhadap orang lain dengan segera terhadap individu maupun umum.

Urutan Peristiwa

Proses penegmbangan pertama kali oleh Burbn, Inc. didirikan sejak tahun 2010, yakni merupakan sebuah perusahaan dibidang teknologi startup yang di dalamnya hanya terpusat untuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk telpon pintar.

Namun sebelumnya juga Burbn, Inc banyak terpusat dalam pengembangan HTML5 yakni sebuah peranti yang bergerak, aka tetapi kemudian kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger akhirnya memutuskan agar kedepannya hanya akan fokus terhadap satu saja.

Baca Juga :  Aliran Seni Lukis

Dan akhirnya merekapun mencoba memusatkan dari semua rancangannya tersebut pada anggota foto, dan juga dengan komentar, serta kemampuan dalam menyukai sebuah foto.

Maka sejak saat itulah Itulah dikenal sebagai Instagram. Yang ditetapkan sejak tanggal 9April2012, kemudian terdapat sebuah berita bahwa Instagram dapat diambilalih oleh Facebook dengan dihargai senilai $1 miliar dalam berbentu tunai beserta sahamnya.

Reorientasi

Dalam perkembangan era globalisasi ini sudah sangat banyak penggunaan aplikasi yang telah diterbitkan oleh perusahaan Burc bn Inck. Bahkan hampir setiap kalangan sudah mulai menggunakan aplikasi ini dengan tahapan pertama yakni pembuatan account instagram.

Sehingga sampai saat ini perkembangan aplikasi tersebut semakin hari kian meningkat serta menjadi tren untuk kehidupan dimasa sekarang ini.

Sebab dengan difungsikannya instagram membaut kita mempunyai kemampuan untuk melihat dunia yang luas dan dengan menapilakan segala aktifitas teman, kerabat serta saudara kita melalui unggahan foto dan juga video yang mereka bagikan.

Apa yang dimaksud dengan Teks cerita sejarah

yakni merupakan sebuah teks yang menerangkan mengenai sebuah fakta dari suatu peristiwa yang pernah terjadi dimasa lalu dan menjadi latar belakang adanya nilai sejarah di dalamnya.

Apa itu Pronomina?

yakni merupakan sebuah kata yang yang kerapa digunakan sebagai pengganti kata benda dan juga penyebutan sebuah gelar seseorang.

Konjungsi Temporal dalam kaidah teks cerita sejarah adalah?

yakni merupakan sebuah waktu berguna untuk menyusun dari berbagai urutan kejadian yang dapat diceritakan.

Verba Material adalah?

yakni merupakan sebuah kata yang berguna untuk menjelaskan mengenai sebuah aktivitas yang dkerjakan oleh partisipan.

Demikianlah materi pembahasan kita mengenai teks cerita sejarah kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :