Tenaga Endogen dan Eksogen

Posted on

Tenaga Endogen dan Eksogen – Pada materi yang sudah dibahas sebelumnya contohsoal.co.id telah memaparkan materi mengenai Totemisme. Tentunya kali ini contohsoal.co.id akan menerangkan tentang Tenaga Endogen dan Eksogen secara luas, dimana dimulai dari Pengertian, Jenis dan Contoh. Berikut ini ulasannya.

Pengertian

Tenaga atau energi endogen ialah kekuatan pengubah bumi yang berasal dari bagian dalam bumi, sedangkan energi eksogen ialah energi pengubah bumi yang berasal dari luar bumi.

Jenis-Jenis Tenaga Eksogen

Berikut ini ada beberapa jenis energi eksogen dibawah ini.

Pengendapan

Pengendapan ialah proses menyimpan material yang diambil (terkikis) secara perlahan saat erosi terjadi. Bahan tersebut disimpan melalui media perantara atau agen transportasi, termasuk energi alami dalam bentuk gletser, angin, air, dan gelombang laut. Pembentukan akibat hasil erosi meliputi delta dan bukit pasir.

Energi eksogen ialah energi destruktif untuk kerak bumi. Faktor-faktor yang mempengaruhi energi eksogen termasuk air, angin, makhluk hidup, sinar matahari dan gletser.

Erosi

Erosi ialah peristiwa erosi tanah yang disebabkan oleh air, angin atau es. Penyebab alami erosi adalah karakteristik dan intensitas hujan, kemiringan, vegetasi (tanaman penutup) dan kemampuan tanah untuk menyerap dan melepaskan air (penyerapan).

Masswating

Bentuk lain dari bencana alam yang sering mempengaruhi penduduk, yaitu tanah longsor (pembantaian). Tanah longsor adalah peristiwa geologis di mana gerakan tanah terjadi, seperti batu yang jatuh atau tanah yang luas. Penyebab utama limbah massal adalah gravitasi yang mempengaruhi lereng curam.

Pelapukan

Pelapukan ialah proses penghancuran batu di lapisan litosfer untuk waktu yang lama.

Jenis-Jenis Tenaga Endogen

Berikut ini ada beberapa jenis energi eksogen dibawah ini.

Gempa bumi

Pernahkah Anda mendengar gempa? Jika demikian, perasaan apa yang Anda rasakan? Tepatnya, bumi merasa terguncang oleh kekuatan yang datang dari dalam bumi. Gempa bumi dapat terjadi kapan saja ketika Anda tidur atau duduk santai.

Ulkanisme

Vulkanisme ialah semua fenomena alam yang terjadi akibat aktivitas magma yang terkandung di perut bumi. Magma yang keluar di permukaan bumi disebut lava. Aliran material vulkanik disebut lava.

Tektonisme

Tektonisme ialah kekuatan yang berasal dari dalam bumi dalam bentuk tekanan dalam arah vertikal atau horizontal yang menyebabkan dislokasi (perubahan posisi). Berdasarkan jenis gerakan dan luas pengaruhnya, kekuatan tektonik dibagi menjadi dua, yaitu gerakan orogenetik dan gerakan epirogenetik.

Contoh Tenaga Endogen dan Eksogen

Adapun contoh-contoh tenaga eksogen adalah sebagai berikut:

Masswating (Sampah massal)

Sampah massal adalah pengangkutan massa batuan yang diangkut sepanjang tebing karena gravitasi. Tingkat kemiringan kehilangan massa didasarkan pada gaya gravitasi yang bergerak pada kemiringan yang telah melampaui batas sehubungan dengan beban. Biasanya sampah massal ini terjadi di area jalan yang berbatasan dengan tebing yang sangat tinggi dan terjal.

Baca Juga :  Contoh Surat Pengalaman Kerja

Sedimentasi Marine

Sedimentasi marine ialah proses sedimentasi bahan padat yang diangkut karena peningkatan air laut. Hasil sedimentasi laut meliputi kumpulan karang di pantai, bar adalah pasir yang mengendap pada panjang tertentu di sekitar pantai, Tombolo adalah kumpulan endapan pasir di dekat pantai dan berdekatan dengan daratan dan karang yang terbentuk dalam titik (kosong) lubang).

Sedimentasi Aeolian

Sedimentasi aeolian adalah proses sedimentasi dari bahan yang dibawa oleh angin yang berhembus di tempat tertentu di mana angin bertiup pertama. Hasil dari sedimentasi aeolus adalah bukit pasir di padang pasir. Dalam sedimentasi ini kadang-kadang ada badai di padang pasir untuk membentuk banyak gumuk pasir akibat peristiwa tersebut.

Sedimentasi Akuatik

Sedimentasi akuatik adalah proses sedimentasi dari suatu material yang dibawa oleh aliran air dari mana aliran itu mengalir. Hasil dari jenis sedimentasi ini adalah delta dan tepian sungai. Delta adalah tanah yang terletak di dekat pantai yang dibentuk oleh endapan lumpur, pasir, tanah dan bebatuan yang terbawa oleh aliran air sungai. Sedangkan tepian sungai adalah tanah yang menyerupai delta yang terbentuk di tepi sungai.

Eksarasi

Eksarasi ialah peristiwa erosi yang terjadi mencairnya es atau sering disebut sebagai gletser. Acara ini dapat ditemukan di pegunungan bersalju dan kutub. Peristiwa ini terjadi karena pencairan salju dan bergerak secara vertikal menuruni lembah gunung.

Abrasi

Abrasi ialah erosi pantai yang disebabkan oleh pergerakan gelombang dari air laut. Hasil abrasi ini dapat ditemukan di sekitar pantai. Contoh hasil abrasi pantai adalah pembentukan gua-gua kecil di sekitar pantai dan ada juga karang di pantai dengan lubang yang disebabkan oleh gelombang pasang air laut.

Korosi

Korosi ialah proses erosi yang disebabkan oleh angin yang bertiup dengan mengangkut butiran pasir atau menghilangkan butiran pasir. Korosi ini berbeda dengan deflasi. Jika deflasi adalah erosi total akibat angin, korosi adalah erosi yang terjadi akibat pasir yang terbawa angin. Jika terjadi korosi, angin yang berhembus akan mengangkut butiran pasir yang kemudian akan mengenai bebatuan yang melewati sedemikian rupa sehingga bebatuan yang dilewati sebelumnya akan mengalami peristiwa atmosfer.

Deflasi

Deflasi adalah erosi permukaan bumi yang disebabkan oleh angin yang bertiup. Contoh di sini adalah angin laut bertiup dari laut ke daratan yang dapat mengikis batu dan pasir yang ada di sekitar pantai dan erosi yang dialami oleh batu jamur di daerah gurun.Aablasi

Ablasi

Ablasi atau erosi sungai adalah peristiwa erosi yang disebabkan oleh aliran air yang menyebabkan erosi batuan akibat jalur yang dilintasi, biasanya ablasi terjadi di sekitar aliran sungai. Secara umum, ablasi yang terjadi di sungai dibagi menjadi 2 jenis, yaitu erosi dasar sungai dan erosi tepian sungai.

Baca Juga :  Kata Benda/Kata Objek

Erosi dasar sungai adalah erosi yang terjadi di bagian bawah sungai yang mengakibatkan pendalaman dasar sungai, sedangkan erosi tepian sungai adalah erosi yang terjadi pada bantaran sungai yang itu menyebabkan perluasan sisi kanan dan kiri sungai.

Biologi Agen Atmosfer

Erosi biologis ialah penghancuran batu yang disebabkan oleh aktivitas suatu organisme. Dalam iklim ini proses penghancuran batu terjadi karena perkembangan makhluk hidup di bebatuan ini. Contoh pelapukan biologis adalah keretakan bangunan atau batu yang disebabkan oleh akar tanaman yang mencoba memasuki bangunan atau batu dan juga keretakan batu yang disebabkan oleh lumut yang melekat pada batu ini.

Fisika Agen Atmosfer

Fisika agen atmosfer adalah penghancuran batu yang disebabkan oleh aktivitas fisik. Zat atmosfer jenis ini tidak menyebabkan perubahan komposisi dan sifat batuan. Agen atmosfer terjadi karena dua faktor utama, yaitu perbedaan suhu dan celah berbatu. Perbedaan suhu udara pada siang dan malam hari itu akan mempengaruhi kecepatan cuaca yang ekstrem, yang jika batuan mengembang di siang hari, sedangkan pada malam hari saat suhu turun akan menyebabkan batuan menyusut.

Inilah yang menyebabkan retakan dan menghancurkan batu. Fisika pelapukan yang dipengaruhi oleh faktor udara umumnya disebut disintegrasi granular. Sementara celah berbatu juga merupakan faktor pemecah batu. Bahwa jika ada celah kecil di batu di daerah tertentu yang telah masuk dari air hujan, batu itu akan mendorong perlahan dan akan mengalami retakan dan kemudian pecah. Kejadian ini sering disebut sebagai eksfoliasi.

Kimia Agen Atmosfer

Agen atmosfer kimia adalah agen atmosfer yang terjadi karena zat yang memiliki unsur kimia, agen atmosfer jenis ini menyebabkan perubahan komposisi kimia batuan beku. Fenomena atmosfer ini biasanya terjadi sangat cepat di daerah dengan suhu ekstrem. Erosi kimia juga terjadi akibat reaksi beberapa unsur kimia dengan batuan. Contoh di sini adalah batu kapur yang terpapar oleh cuaca akibat air hujan yang terus menerus.

Nah untuk Kedua tenaga atau energi ini menghasilkan rupa muka bumi yang beraneka ragam bentuknya baik di daratan maupun dasar laut.

Jelaskan pengertian dari endogen dan eksogen ?

Tenaga atau energi endogen ialah kekuatan pengubah bumi yang berasal dari bagian dalam bumi, sedangkan energi eksogen ialah energi pengubah bumi yang berasal dari luar bumi.

Sebutkan jenis-jenis tenaga eksogen ?

Pengendapan, Erosi Masswating dan Pelapukan

Sebutkan jenis-jenis tenaga endogen ?

Gempa bumi, Ulkanisme dan Tektonisme

Baca Juga: