Tulang Pendek

Posted on

Tulang Pendek – Dalam Kehidupan manusia tulang atau kerangka ialah merupakan suatu penopang tubuh Vertebrata. Tanpa tulang, pasti tubuh tidak bisa tegak ata digerakan.

Terbentuknya tulang sendiri yakni mulai sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus hingga dekade kedua dalam susunan yang teratur. Pengertian tulang ialah merupakan suatu jaringan yang kuat dan tangguh yang memberi bentuk pada tubuh. Tanpa tulang tubuh tidak akan dapat berdiri tegak.

Selain itu, tulang juga berfungsi dalam sistem gerak. Namun dipertemuan kali ini ContohSoal.co.id hanya akan membahas materi tentang tulang pendek, beserta pengertian, fungsi, letak dan gambarnya.

Tapi tentunya sobat masih ingat dipertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah membahas materi tentang Tulang Tengkorak Baiklah agar sobat dapat lebih memahami mengenai apa sih tulang pendek itu, Mari langsung aja kita simak bersama ulasan dibawah ini.

Pengertian Tulang Pendek

Tulang Pendek

Apa yang dimaksud dengan tulang pendek? ialah merupakan salah satu jenis tulang yang ada dalam tubuh manusia yang memiliki bentuk mirip dengan kubus, pendeek dan tak beratuan, dan juga berbentuk bulat.

Dengan adanya tulang ini memungkinkan goncangan yang terjadi yang keras sekalipun dapat diredam dan  gerakan tulang yang bebaspun dapat dilakukan.

Pada umumnya tulang pendeek ini hanya ditemukan pada pangkal kaki, pangkal lengan, dan ruas –  ruas tulang belakang. Adapun yang termasuk kedalam tulang pendeek ini antara laian sebagai berikut :

 

Struktur Tulang Pendek

  • tulang jari kaki (ruas – ruasnya)
  • Tulang telapak kanan
  • Tulang ruas belakang
  • Tulang jari tangan  (ruas – ruasnya)
  • Tulang tempurung lutut

Fungsi Tulang Pendek

  • Berfungsi agar dapat menahan adanya suatu goncangan yang keras serta meredamnya.
  • Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk mengatur gerakan secara bebas.
  • Berfungsi agar dapat membentuk suatu bagian dari kerangka apendikular.
  • Sebagia tulang yang mempunyai fungsi untuk menciptakan titik penyisipan otot serta sebagai tempat menyimpan berbagai mineral, kalsium, fosfor yang dibutuhkan oleh otot atau tulang pendek tersebut.
  • Berfungsi dalam mendukung dari setiap adanya gerakan yang terjadi ditubuh manusia.
Baca Juga :  Bagian Telinga : Anatomi, Gambar Beserta Pengertian Dan Fungsinya

Adapun tulang penndek ini sebagiaan besar terbentuk atau tersusun dari dari jaringan tulang, sebab diperlukan sifat yang ringan dan kuat.

Maka oleh sebab itu tulang penddek mempunyai sifat yang sangat kuat, maka tulang pendeek ini mampu mendukung beberapa bagian tubuh seperti terdapat pada tulang pergelangan tangan. Kemudian selanjutnya pada tulang ini juga terdapat sebuah inti tulang spongiosa yang dikelilingi oleh tulang kompakta.

Sebab keberadaan tulang pendk ini sangatlah begitu penting dengan berbagai fungsi seperti yang sudah dijelaskan di atas, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatannya dengan baik serta merawatnya agar tulang pndek ini tetap berfungsi baik.

Dengan begitu banyaknya fungsi yang dapat dilakukan oleh sebuah jaringan tulang pendek, maka dalam hal ini sudah menjadi kewajiban anda untuk merawatnya dengan mengikuti gaya hidup sehat ya sobat.

Sebab apabila tanpa adanya bagian jaringan tulang pendeek ini di dalam tubuh anda, maka segala aktivitas tubuh anda tentunya tidak akan berjalan lancar dan juga baik.

Jenis Tulang Berdasarkan Bentuknya

Tulang dapat digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan bentuknya, yakni:

• Tulang Pipih

Sesuai dengan namanya, tulang pipih juga berbentuk pipih. Bagian dalam tulang pipih berisi sumsum merah dan berongga-rongga seperti membentuk spons.

Contoh tulang pipih terdapat pada tulang belikat, tulang rusuk, tulang dada dan pelipis.

• Tulang Pendek

Berbentuk pendek bulat dan diisi sumsum merah. Contoh tulang pendek terdapat pada tulang pergelangan tangan, ruas tulang belakang, tulang pergelangan kaki dan ruas pada tulang jari.

• Tulang Pipa

Tulang pipa ini bentuknya seperti pipa, panjang dan bulat. Tulang pipa terdapat pada tulang paha, tulang lengan atas dan tulang hasta.

 

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai tulang pendek, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :