Tumbuhan Dikotil

Posted on

Tumbuhan Dikotil – Nah materi pembahasan ContohSoal kali ini masih seputar pembahasan ilmu biologi, yakni tentang tumbuhan dikotil beserta pengertian, ciri, gambar dan contohnya.

Namun apa sobat semua masih inget pembahasan ContohSoal.co.id sebelumnya? Yang mana ContohSoal.co.id telah membahas mengenai tumbuhan monokotil yuk sobat semua, langsung aja kita simak penjelasannya berikut ini

Pengertian Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan dikotil ialah merupakan suatu tumbuhan berbunga yang mempunyai biji berkeping dua. Yang mana pada Tumbuhan dikotil ini mempunyai sepasang daun lembaga atau yang kita kenal dengan sebutan kotiledon.

Daun lembaga tersebut terbentuk sudah sejak tahapan biji dengan demikian sebagian besar anggotanya mempunyai bebijian yang gampang sekali terbelah menjadi dua bagian.

Hal inilah yang menjadi pembeda utama antara tumbuhan dikotil dengan monokotil yang justru kepingan bijinya tunggal.

Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil

Untuk mengenali tumbuhan dikotil, Simak cirinya sebagai berikut :

NoCiri – Ciri Tumbuhan Dikotil
1Akarnya berbentuk tunggang.
2bijinya bekeping dua
3Tidak mempunyai tudung akar.
4Pada jumlah kelopak bunganya dua, empat, lima, atau kelipatannya.
5Mempunyai 2 keping lembaga/kotiledon
6Pada batang dan akar, terdapat suatu kambium dan bisa tumbuh serta berkembang menjadi besar.
7Pada batangnya yang bercabang-cabang.
8Tipe pada berkas pengangkut kolateral terbuka.
9Pada pembuluh pengangkutnya teratur dalam cincin (lingkaran).
10Pola pada tulang daun mempunyai bentuk disumsumnya menjari atau menyirip.

 

Contoh Tumbuhan Dikotil

Bunga Matahari(Helianthus Annuus L.)

Bunga matahari

Selain penghasil kuaci, Helianthus annuus L bunga matahari juga bisa diolah menjadi camilan ringan kaya vitamin C. Bukan hanya cemilan aja, namun biiji bunga matahari jika kita tau pengolahannya dapat menghasilkan minyak.

Tanaman Cabai (Capsicum Frutescens)

Tanaman Cabai

Semua jenis cabe termasuk tanaman dikotil. Apabila di olah dengan baik, cabai juga dapat digunakan sebagai obat. Sebab Kandungan Lasparaginase dan Capsaicin yang mermanfaat sebagai zat antikanker.

Baca Juga :  Taksonomi dan Tingkatannya

Jambu Biji (Psidium Guajava)

Tanaman Jambu Biji

Buah jambu sangat baik jika di konsumsi secara rutin, kandungan vitamin dan seratnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu tumbuhan ini jika kita tanam di pekarang rumah bisa berfungsi sebagai teduhan.

Buah mangga (Mangifera Indica)

Tanaman Mangga

Mangga atau pelem dalam bahasa jawa merupakan jenis buah kayak akan vitamin C. Pohon mangga merupakan jenis tumbuhan dikotil.

Ciri fisik dari pohon mangga sudah terlihat jelas, baik dari batangnya yang besar, daunnya yang menjari dan menyirip, serta buanganya berkelipatan lima.

Kacang kedelai (Glycine max)

Tanaman Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan jenis tumbuhan polong-polongan. Kedelai juga merupakan jenis tumbuhan yang berbiji keping dua, terbungkus kulit sehingga kedua bagian keping tertutup.

Proses tumbuh kedelai yakni ketika biji kedelai kering mendapat unsur hara dan air maka akan terjadi proses perkecambahan.

Struktur Tumbuhan Dikotil

Struktur Pada Daun

Daun ialah salah satu bagian dari tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai rantai makanan untuk tumbuhan melalui proses fotosintesis. Pada Struktur daun terdapat 3 bagian, antara lain:

  • Epidermis

Kandungan sel stomata dan epidermis juga membentuk trikoma yang bertujuan untuk melindungi dari sinar cahaya matahari.

  • Jaringan Dasar

Jaringan dasar pada daun terletak pada epidermis yang mempunyai daerah utama untuk proses fotosintesis.

  • Berkas Pengangkut

Berkas pengakat pada daun terletak di tulang daun yang memiliki susunan menyerupi seperti batang.

Struktur Batang

Batang ialah salah satu bagian tumbuhan yang terletak pada permukaan tanah yang berfungsi untuk berkembangnya daun. Yang mana dibagian ujung batang terdapat permukaan yang kasar, sehingga memunyai lentisel di tempat tertentu Pada struktur batang, terdapat 4 bagian yakni:

  • Epidermis

Epidermis pada batang ialah suatu jaringan sel hidup di luar batang yang tersusun di dinding sel yang tipis. Epidermis pada batang, biasanya menutupi organ pada tumbuhan.

  • Korteks

Korteks pada batang terletak pada suatu lapisan epidermis.

  • Endodermis

Letak Endodermiis berada di bawah permukaan lapisan epidermis.

  • Floem

Floem pada batang menyusun sel yang meliputi berbagai sel-sel serat floem dan komponen pembuluh sebagai penyalur makanan pada tumbuhan.

Baca Juga :  Siklus Hidrologi

 

Nah itulah pembahasan mengenai tumbuhan dikotil kali ini, semoga artikel ini memberi manfaat untuk sobat ContohSoal.co.id semua

Daftar pilihan Artikel Lainnya: