Volume Kerucut

Posted on

Volume Kerucut – Masih dalam pelajaran matematika, pelajaran ini menyenangkan dan menarik bukan? Pelajaran matematika kali ini kita akan membahas mengenai volume kerucut beserta pengertian, rumus, cara menghitung, luas permukan dan contoh soalnya. Namun dipertemuan sebelumnya kita juga telah membahas pelajaran tentang Jaja Genjang, baiklah langsung saja mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kerucut

contoh volume kerucut
ccontoh volume kerucut

Volume kerucut ialah merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai bentuk seperti limas istimewa yang beralaskan lingkaran lalu kerucut juga mempunyai 2 sisi dengan 1 rusuk.

Kemudian sebuah kerucut dapat di bentuk dari sebuah bangun datar yakni bangun segitiga siku” yang di putar satu putaran penuh (360), yang di mana sisi siku” nya sebagai pusat putaran contoh nya bisa kalian lihat di bawah ini:

volume kerucut
volume kerucut

Unsur – Unsur Kerucut

  • Bidang Alas

pengertian dari bidang alas sendiri iyalah sebuah sisi yang berada di bawah kerucut yang berbentuk lingkarang dengan pusat nya berada di tengah. Contoh dari titik pusat nya iyalah titik O.

  • Diameter Bidang Alas

pengertian dari diameter sendiri iyalah sebuah ruas garis yang menghubungkan 2 titik pada lingkaran yang melalui titik pusat lingkaran nya.

  • Jari-Jari

Adapun artian dari jari” ialah merupakan sebuah jarak pusat lingkaran ke titik pada lingkaran atau bisa juga jarak setengah dari titik kanan ke titik tengah. Misal seperti yang telah dilihat dari gambar kerucut di atas yang mana dari sudut A ke menuju ke sudut O dan dari sudut B ke sudut O.

  • Tinggi

Pengertian dari tinggi sendiri iyalah sebuah jarak dari sudut pusat bawah ke puncak kerucut atau yang bisa di sebut juga dengan simetri putar kerucut. Contoh dapat kita perhatikan pada gambar kerucut di atas yang mana dari sudut O ke arah sudut T.

  • Selimut Kerucut

Pengertian dari selimut kerucut sendiri iyalah sebuah sisi yang melengkung yang membungkus kerucut dan berada di sisi kiri dan kanan nya atau bisa di sebut juga dengan sisi lengkung kerucut. Contoh nya seperti pada contoh gambar kerucut di atas dari sudut T ke sudut A dan dari sudut T ke sudut B.

Baca Juga :  Contoh Soal Fungsi dan Pembahasannya

Rumus Volume Kerucut

Volume kerucut pada umumnya dapat dihitung dengan menggunakan rumus volume limas, oleh karena itu maka perlu diketahui luas permukaan dan tinggi kerucut itu sendiri:

Volume  = 1/3 · Luass Alas · Tinggi

Menghitung Luas alas dapat menggunakan rumus luas lingkaran yakni πr2. Pada r  dsisini merupakan jari lingkaran dan π konstanta dengan nilai pendekatan 22/7. Hingga didapatkan rumus:

Cara Menghitung Volume Kerucut

Agar dapat menghitung volume kerucut maka gunakan rumus volume kerucut seperti dibawah ini:

V = 1/3 x Luas Alas x TinggiBisa juga dengan menggunakan V =  (22/7) x r x r x t.

Catatan: alas kerucut ialah merupakan lingkaran, maka sebab itu luas pada alas kerucut sama dengan luas lingkaran (π r2 ).

Rumus Luas Permukaan Kerucut

Permukaan kerucut ialah berupa gabungan dari selimut kerucut dan alas kerucut. Alas kerucut yakni sebuah bidang lingkaran dengan jari-jari r hingga luas alas ialah π.r2.

Rumus Luas dari permukaan kerucut = Luas alas + Luas selimut
Rumus Luas dari permukaan kerucut = π.r2 + π.r.s
Rumus Luas dari permukaan kerucut = π.r (r + s)

Rumus kerucut
Rumus kerucut

Contoh Soal Volume Kerucut

Cara Menghitung Luas Permukaan KerucutDibawah ini terdapat beberapa contoh cara menghitung luas selimut kerucut dan juga luas permukaan kerucut.

Contoh Soal 1
Tentukanlah Jumlah luas pada permukaan selimut kerucut apabila mempunyai jari-jari 21 cm dan panjang garis pelukisnya yakni 40 cm.Jawab:
Diketahui Jari-jari, r = 21 cm dan Garis pelukis, s = 40 cm

Rumus Luas selimut = π.r.s
Maka Luas selimut = (22/7).(21).(40) = 2.640
Jadi luas selimut kerucut ialah 2.640 cm2.

Contoh Soal 2
Tentukanlah Berapa luas permukaan kerucut jika berdiameter 14 cm dengan garis pelukis 15 cm?

Jawab:
Diketahui Jari-jari, r = 14/2 = 7 cm dan Garis pelukis, s = 15 cm

Rumus L permukaan = π.r (r + s)
Maka Luas permukaan kerucut = (22/7).(7).(7+15) = 484
Maka luas pada permukaan kerucut ialah 484 cm2.

Contoh Soal 3

Apabila diketahui pada sebuah kerucut yang mempunyai alas dengan berdiameter 12cm. Kemudian panjang garis pelukis nya yakni 10cm, maka hitunglah berapa luas permukaan dari kerucut tersebut?

Baca Juga :  Infrastruktur Politik

Jawab:

Diketahui=

  • d=12cm
  • maka r=6cm
  • S=10cm

Di tanya=luas permukaan kerucut ?

  • Luas selimut kerucut=π x r x s

=22/7 x 6 x 10cm2

=188 4/7cm2

  • Luas alas kerucut=π x r2

=22/7 x 62cm2

=113 1/7cm2

  • Luas permukaan kerucut=188 4/7cm2+113 1/7cm2

=301 5/7cm2

Maka, luas permukaan kerucut tersebut iyalah 301 5/7cm2

Demikianlah materi pembahasan mengenai volume kerucut kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: